Minggu, 31 Juli 2016

Rip the Name Tag: Sebuah permainan sederhana berbentuk chat room

Rip the Name Tag: Sebuah permainan sederhana berbentuk chat room

Rip the Name Tag
Sebuah permainan sederhana di dalam chat room.
Oleh: Galih JK
Menu
Buat Room
Ikut Room:
Di sini terlihat daftar room yang bisa diikuti beserta jumlah orang di dalam nya
Room
Terlihat daftar user di dalam room
Pemain minimal 4, maksimal 12
Jumlah pemain harus genap untuk bisa Start
Starting
Pada saat starting, masing-masing player akan diberikan tampilan randomisasi Team dan Stat.
Team terdiri dari 2, yaitu tim merah dan tim biru.
Stat:
Attacker: Keahlian mencabut nametag.
Holder: Keahlian menahan / mengunci gerakan.
Helper: Keahlian melepaskan pemain lain yang sedang dikunci gerakannya.
Randomisasi Stat (low / medium / high)
Semua medium, atau
Ada salah satu yang low dan satu yang high.
Sistem akan membagi tim dan stat dengan sama rata.
Chatroom
Semua percakapan akan terlihat (tidak ada whispering).
Terdapat Daftar User Name dan Statusnya masing-masing, dengan status:
Playing
Out (tim merah)
Out (tim biru)
Terdapat Keterangan:
Anda adalah tim (biru/merah). Temukan siapa kawan satu tim anda, temukan juga siapa lawan anda, lalu bekerja sama lah untuk mengalahkan tim lawan!”
Terdapat kotak Aksi:
Pilihan: Attack / Hold / Help
Pilihan: (pilih salah satu player yang belum out alias masih playing)
Terdapat kotak berisi jumlah masing-masing tim yang belum out.
Terdapat kotak waktu hitung mundur:
Aksi berikutnya akan dimulai pada …(detik waktu)”
Gameplay
Aksi akan berjalan setiap 30 detik sekali secara bersamaan, yaitu saat waktu hitung mundur mencapai 0 (percakapan ditutup saat aksi berlangsung).
Tiap player akan melakukan aksinya sesuai dengan pilihannya (jika tidak memilih maka dianggap diam).
Sistem akan menampilkan aksi yang terjadi selangkah demi selangkah dalam bentuk chat log, contoh: (tiap baris muncul 1 detik sekali)
Player 1 menyergap Player 4 .
Player 3 mencabut name tag Player 4.
Player 4 OUT!!! Player  4 adalah tim biru.
Player 2, Player 5, dan Player 6 diam saja.
Permainan berakhir ketika semua pemain dalam 1 tim out, tim yang masih bertahan adalah pemenangnya. Jika tidak ada yang out dalam 5 turn berturut-turut atau tidak ada pemain yang tersisa sama sekali, maka permainan diakhiri dengan draw.
Sistem
(1) Prioritas pertama adalah player dengan aksi hold dan stat Hold yang high, kemudian medium, dan terakhir low (jika ada yang bersamaan, pilih 1 secara random). Orang yang meng-hold selanjutnya disebut holder, dan orang yang di-Hold disebutsi target”.
Aksi si target tertunda.
Munculkan tulisan:
holder menyergap si target” (yang miring diganti dengan nama pemain)
(2) Jika ada orang yang menolong si target (helper) dan memiliki stat help sama atau lebih tinggi dari stat hold nya holder, maka:
helper membantu si target sehingga si target terlepas
Semua orang yang menyerang si target (attacker) akan gagal, jika ada, tambahkan kalimat dengan:
dan attackers pun gagal mencabut name tag si target
(3) Pilih helper dengan stat help tertinggi, jika stat help nya helper lebih rendah dari hold nya holder dan ada attacker, maka
Pilih attacker dengan stat attack tertinggi
jika stat help nya helper sama atau lebih tinggi dari stat attack nya attacker, maka:
helper membantu si target sehingga si target terlepas dan attackers pun gagal mencabut name tag si target”.
jika stat help nya helper lebih rendah dari stat attack nya attacker, maka:
attacker mencabut name tag si target, helpers gagal menyelamatkannya
(4) Jika ada helper lain yang tidak dihitung, tulis:
Helper2 ingin menolong target namun tidak banyak membantu
(5) Jika ada attacker lain namun si target out, tulis:
Attacker2 ingin menyerang si target namun si target sudah out
(6) Jika si target memiliki aksi hold pada holder dan tidak ada attacker dan helper baik pada si target maupun pada holder, munculkan tulisan:
Si target malah berpelukan dengan holder.
(7) Jika tidak ada helper dan tidak ada attacker, maka:
Si target berhasil melepaskan diri dari holder.”
(8) Jika si target tidak out, lepaskan penundaan aksi si target.
(9) Tandai holder sebagaisudah’, kembali ke langkah satu dengan mengecualikan holder yang ‘sudah’.
(10) Player yang sudah out tidak dapat melakukan aksinya, begitu pula jika player tersebut belum sempat melakukan aksinya pada suatu turn namun sudah out di suatu langkah system (aksinya terbatalkan).
(11) Jika ada yang out, munculkan tulisan:
(Player Name) OUT! (Player Name) adalah tim (merah/biru).”
(12) Jika sudah tidak ada holder,
(12a) Jika ada orang yang saling menyerang, maka:
Jika stat attack salah satunya lebih tinggi, maka orang yang stat nya lebih tinggi yang menang
Attacker 1 dan attacker 2 saling menyerang. Pertarungan dimenangkan oleh Attacker 1.”
(Attacker 2 OUT)
Jika stat attack keduanya sama, maka:
Attacker 1 dan Attacker 2 saling menyerang. Mereka saling mencabut name tag lawannya secara bersamaan
(Attacker 1 OUT), (Attacker 2 OUT)
(12b) munculkan tulisan untuk masing-masing orang yang melakukan aksi attack dan belum melakukannya
Attacker moncoba menyerang si target, namun si target kabur
(12c) munculkan tulisan untuk masing-masing helper yang belum melakukan aksinya
Helper ingin menolong si target, tapi si target tidak membutuhkan pertolongan
(12d) munculkan tulisan untuk player yang tidak melakukan aksi apa-apa.
Player 1, Player 2, dan Player 3 diam saja.”
(13) Setelah keterangan untuk semua player sudah dimunculkan, lanjutkan ke turn berikutnya.
Reset detik waktu menjadi Waktu awal
Hilangkan tandasudah
Bolehkan kembali percakapan
Tambahkan turn counter
Jika tidak ada yang out, tambahkan draw_counter
Jika ada yang out, set draw_counter menjadi 0
Jika draw_counter = batas draw, akhiri permainan dengan draw.

1 komentar:

  1. akhirnya selsai dibuat (dengan banyak penyesuaian) di bot telegram

    BalasHapus